Senin, 13 Maret 2023

Gumuk Pasir Parangkusumo, Gurun Pasir di Yogyakarta

Gumuk Pasir Parangkusumo, 

Gurun Pasir di Yogyakarta 




Wisata Unik di Yogyakarta

Saat mendengar wisata gurun pasir, kita pasti akan teringat Gurun Sahara yang ada di Afrika. Tempat wisata berupa hamparan pasir putih yang tidak biasa tersebut, hanya dapat ditemukan di bagian bumi tertentu. Sayangnya, jika kita ingin pergi ke Gurun Sahara, rasanya terlampau jauh dan memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk sampai ke sana. Namun, tak usah khawatir karena di Yogyakarta terdapat gurun pasir yang sama indahnya dengan Gurun Sahara yang ada di Afrika. Tempat wisata tersebut bernama Gumuk Pasir Parangkusumo. 

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah tempat wisata berupa gundukan pasir putih yang sangat luas. Jika gurun pasir biasanya ditemukan di tengah dataran, Gumuk Pasir Parangkusumo ini terletak di dekat pantai. Oleh karena itu, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata unik di Yogyakarta yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia. Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di Jl. Pantai Parangkusumo, Grogol 10, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di sebelah barat Pantai Parangtritis.

Berwisata dengan Nyaman

Saat kita memasuki daerah Gumuk Pasir kita sudah bisa melihat hamparan gundukan pasir dari sisi jalan. Gundukan padang pasir itu terhampar luas dari sisi timur ke barat. Hamparan yang terbentang sangat luas tersebut mengingatkan kita dengan Gurun Sahara. Gumuk Pasir merupakan area terbuka yang langsung terkena teriknya sinar matahari. Kita pasti pasti berpikir bahwa saat mengunjungi wisata Gumuk Pasir pasti tidak nyaman karena suasana panasnya. Namun, terdapat beberapa solusi agar liburan di Gumuk Pasir tetap menyenangkan dan nyaman. Kita disarankan untuk membawa bekal sendiri, terutama minuman, walaupun di sana juga terdapat beberapa warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Pakailah pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Selain itu, bawalah topi atau payung untuk mengantisipasi jika merasa terlalu kepanasan. Pengunjung disarankan mengunjungi Gumuk Pasir di sore hari karena semakin sore, suasananya semakin menyenangkan ditambah pemandangan sunset yang benar-benar mengagumkan. 


Aktivitas Seru

Terdapat banyak spot foto menarik di Gumuk Pasir Parangkusumo. Spot foto tersebut berupa hamparan pasir luas, pepohonan kaktus, dan sepasang ayunan di tengah-tengah Gumuk Pasir. Terdapat pula gazebo yang membuat para pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan di sekitar Gumuk Pasir tanpa harus takut kepaasan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Gumuk Pasir. Salah satu hal seru yang bisa dilakukan di Gumuk Pasir adalah sandboarding. Sandboarding ini merupakan kegiatan yang unik karena hanya bisa ditemukan di Gumuk Pasir. Selain itu, pengunjung dapat menyewa ATV dan mobil jip untuk menjelajahi kawasan Gumuk Pasir. Bisa dikatakan bahwa Gumuk Pasir Parangkusumo tak kalah indahnya dengan Gurun Sahara. Jadi, jika kita pernah bermimpi dan berkeinginan untuk mengunjungi Gurun Sahara di Afrika, tetapi dengan biaya yang terjangkau, maka jawabannya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo di Yogyakarta.



Tiket Masuk

Jam Buka

Senin - Minggu               07.00-18.00

Tiket Masuk

Biaya Retribusi                Rp 10.000 per orang (termasuk tiket terusan)

Parkir Mobil                    Rp 10.000

Parkir Motor                    Rp 3.000

Penyewaan

Sandboarding              Rp 100.000 

ATV Kecil                     Rp 75.000/30 menit.

ATV Besar                    Rp 125.000/30 menit. 

Mobil Jip                      Rp 200.000 (jalur pendek)

                             Rp 450.000 (jalur panjang)

Rp 900.000 (full Trip)


Google Map

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Efektif Copywriting untuk Produk Media Tanam

 Efektif Copywriting untuk  Produk Media Tanam Kalender Konten Media Sosial Kalender konten biasaya dibuat untukmerencanakan dan mengatur ko...