Sabtu, 25 Maret 2023

Pantai Watunene Jogja, Serpihan Surga Tersembunyi Di Balik Tebing

 Pantai Watunene Jogja, Serpihan Surga Tersembunyi Di Balik Tebing

Yogyakarta adalah salah satu tujuan kota wisata dengan berbagai tempat wisatanya yang unik. Mulai dari gunung, hutan, situs budaya, bahkan pantai, semua ada di Jogja. Namun, banyak wisatawan yang belum banyak mengeksplor pantai yang ada di Jogja. Wisatawan biasanya hanya mengenal Pantai Parangtritis, Pantai Depok, dan sekitarnya. Padahal, jika wisatawan ingin mengeksplor lebih luas, Yogyakarta memiliki banyak pantai yang memiliki pasir putih dan air laut berwarna biru jernih. Pantai-pantai tersebut terkenal dengan pantai yang mirip bahkan tak kalah cantiknya dengan pantai yang ada di Bali. Salah satu Pantai di Yogyakarta yang memiliki pasir putih dan air laut yang jernih serta memiliki keindahan yang sangat memesona adalah Pantai Watunene.


Pantai Watunene adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini masih tergolong sepi dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan sehingga suasana yang ditawarkan di Pantai ini masih terasa asri dan alami. Pantai ini dekat dengan Pantai Seruni dan Pantai Poktunggal, dua pantai yang tak kalah cantiknya dengan Pantai Watunene.


Keindahan Pantai di Balik Tebing

Pantai Watunene terletak bersembunyi di balik tebing-tebing tinggi. Dengan letaknya yang berada di balik dan di bawah tebing tersebut memungkinkan wisatawan dapat melihat hamparan pemandangan pantai dari atas tebing. Pantai ini tergolong pantai yang masih virgin karena belum banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini. Pantai eksotis ini memiliki alam yang masih alami dengan hamparan luas pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru kehijauan. Selain itu, di sekeliling pantai terdapat bebatuan karang yang menambah keeksotisan pantai. Pantai ini juga merupakan spot yang cocok untuk menikmati senja di Kota Yogyakarta. Jika cuaca sedang cerah, wisatawan bisa mendapat bonus melihat senja yang tenggelam sempurna tanpa terhalangi oleh apa pun di sebelah barat pantai. Sejauh mata memandang, wisatawan akan dimanjakan dengan pesona pantai yang sangat indah. 


Di Pantai Watunene, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seru seperti memancing, bersantai sambil berpiknik kecil, bermain air, menikmati pemandangan dan sunset. Di pantai ini, wisatawan dapat melakukan camping dengan menggunakan tenda dan peralatan yang dibawa sendiri. 


Perjalanan Menuju Pantai Watunene

Untuk mencapai pantai ini memerlukan waktu sekitar 2-3 jam ke arah tenggara dari pusat kota Yogyakarta. Menuju Pantai Watunene dapat menggunakan rute jalan Jogja-Wonosari. Setelah sampai di Wonosari, menuju jalur Baron, kemudian ambil jalur menuju Desa Tepus. Lokasi pantai ini belum ada di google map jika mengambil rute motor atau mobil karena lokasi pantai yang terpencil. Namun, tenang saja, wisatawan dapat menggunakan google map dengan cara berikut. 

  1. Menuju Indomaret Tepus dengan menggunakan Google Map mengambil fitur rute motor atau mobil di Google Map.

  2. Sesampainya di Indomaret Tepus, ganti rute ke Pantai Watunene dan alihkan fitur rute kendaraan ke rute jalan kaki di Google Map. 

  3. Ikuti petunjuk jalan di Google Map dan ikuti petunjuk yang sudah terpasang di sepanjang jalan menuju Pantai Watunene.

Saat menuju kawasan Pantai Watunene, wisatawan harus melewati medan jalan berbatu dan terjal. Kemudian, wisatawan harus menuruni tebing curam dengan jalan kaki untuk menuju bibir pantai. Meskipun jalannya masih berbatu dan terjal, wisatawan akan terbayarkan oleh keindahan pantai yang tiada duanya.



Fasilitas di Pantai Watunene

Pantai Watunene masih memiliki fasilitas yang minim. Namun, sudah terdapat fasilitas penunjang yang bisa digunakan wisatawan diantaranya: spot foto menarik, area parkir, area camping, kamar mandi umum, warung makan, tempat sampah, dan penginapan. Area parkir tersedia cukup untuk kendaraan bermotor dan beberapa mobil. Kamar mandi dan warung makan letaknya di atas tebing sehingga wisatawan diharapkan membeli makanan sebelum menuruni tebing menuju bibir pantai. Demikian pun dengan tempat sampah, hanya disediakan di atas tebing. Jadi, wisatawan diharapkan membawa sampahnya ke atas demi menjaga kebersihan pantai. 




Tips Liburan Seru di Pantai Watunene

Pantai Watunene tergolong pantai sepi dan fasilitas di pantai ini masih cukup terbatas. Oleh karena itu, beberapa tips di bawah ini dapat memudahkan wisatawan berwisata dengan nyaman di Pantai Watunene. 

  • Waktu yang tepat mengunjungi Pantai Watunene adalah musim kemarau di pagi atau sore hari. Wisatawan dapat melihat birunya langit dan senja. 

  • Hindari mengunjungi pantai di waktu penghujan dikarenakan jalan berbatu yang terjal menjadi licin karena dapat menyebabkan kecelakaan.

  • Gunakan sunscreen, sunblock, pelindung tubuh seperti topi dan baju panjang yang ringan untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari.

  • Disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan offroad dan memastikan kendaraan dengan kondisi yang  sangat baik.

  • Pastikan untuk membawa perlengkapan pribadi seperti obat pribadi dan bekal makanan minuman yang cukup karena masih minim warung. 

  • Hindari membuang sampah sembarangan. Wisatawan diharapkan membawa sampahnya ke atas demi menjaga kebersihan pantai. 

  • Dilarang berenang ke tengah pantai.

  • Tidak disarankan untuk camping saat air laut sedang pasang. 

Tiket Masuk


Jam Buka

Senin-Minggu     24 Jam


Tiket Masuk

Tiket masuk Rp 10.000 per orang 

Parkir motor Rp 5.000

Parkir mobil Rp 10.000

Biaya berkemah Rp 10.000 per tenda 


Google Map

Indomaret Tepus

Pantai Watunene



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Efektif Copywriting untuk Produk Media Tanam

 Efektif Copywriting untuk  Produk Media Tanam Kalender Konten Media Sosial Kalender konten biasaya dibuat untukmerencanakan dan mengatur ko...